Minggu, 04 Oktober 2015

RUBIK

Kalian pasti tahu dan pernah memainkan Rubik kan? Permainan tersebut bernama Kubus Rubik atau dikenal dengan Magic Cube. Apakah kalian tahu siapa penemunya ? Ini dia sang pencipta Permainan Rubik :

  Profesor Erno Rubik lahir di kota Budapest, Hungaria pada tanggal13 Juli 1944. Ibunya seorang penyair, sementara ayahnya bekerja sebagai insinyur di sebuah perusahaan pembuat pesawat. Awalnya Erno belajar seni rupa, tapi setelah lulus ia kemudian tertarik belajar desain interior dan arsitektur di sebuah perguruan tinggi di Akademik Seni Terapan dan Desain di Budapest. Setelah lulus, ia pun mengabdikan dirinya untuk mengajar di tempatnya menimba ilmu. Pada saat mengajar, Profesor muda ini lebih suka menggunakan peraga yang terbuat dari kertas, karton, kayu, maupun plastik untuk menyampaikan ide-idenya kepada mahasiswa sehingga penjelasannya dapat lebih mudah dimengerti dengan baik. Salah satunya dengan membuat Kubus Rubik.

  Percobaan membuat kubus pertamanya selesai sekitar tahun 1974. Kubus yang ia buar masih sangat sederhana dengan ukuran kecil yaitu 3x3x3. Setiap bagian memiliki warna yang berbeda dan dapat di putar baik secara horizontal maupun vertikal. Pada bentuk asli, ada enam kubus yang terdiri dari 9 kotak berwarna kuning, putih, oranye, biru, merah dan hijau. Setelah kubus diacak untuk mengembalikan kembali ke bentuk semula tidaklah mudah.menurut pengakuan, Prof. Erno membutuhkan waktu sekitar satu bulan untuk memecahkan teka-teki dari permainan kubus yang ia ciptakan sendiri. Ia juga membutuhkan beberapa tahun untuk mempersiapkan agar dapat diproduksi secara masal. Kubus tersebut kemudian dipatenkan oleh Pro. Erno Rubik pada tahun 1975.

  Pada tahun 1977 rubik pertama di jual di toko mainan di Budapest. Lalu beberapa tahun kemudian menyebar ke seluruh Hungaria. Pada tahun 1980, rubik diperkenalkan ke Amerika Serikat dan seluruh dunia. Mainan ini tidak hanya menarik perhatian jutaan orang di dunia tetapi juga di perlombakan. Budapest adalah kota pertama yang mengadakan pertandingan ini pada tahun 1982.

 Jenis-jenis Rubik:








Tidak ada komentar:

Posting Komentar